Facebook Badge

Catur GO

setelah kurang lebih 5 jam gua googling (lebay cuma 2 jam kok) untuk mencari sesuatu yang menarik buat diposting.. dari sejarah korea ampe indonesia.. bahkan sempet muter muter di india.. akhirnya gue kepikiran buat posting tentang catur GO.. sebenernya gue gak ngerti sama yang namanya catur GO, yang gua tau animenya memang menarik (HIKARU NO GO).. ada beberapa artikel yang gua baca.. sampai akhirnya gua singgah di tempat yang bagus isinya untuk direpost hehe.. sumbernya ini dan ini ada satu lagi.. tapi kalo mau baca tentang igonya harus rajin rajin buka sendiri ini situsnya nah.. sekarang saatnya posting rangkuman dari ke tiga alamat tersebut hehe..

IGO/GO

mungkin bagi yang belum kenal, siapa sih Igo itu atau apa sih igo itu? Nanti dulu, Igo yang dimaksud ini bukan nama orang, bukan makanan, apalagi Teroris. Jika anda tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang IGO silahkan lanjutkan membacanya, jika tidak silahkan lanjutkan membacanya juga.

Igo merupakan permainan papan tertua di Dunia, bahkan lebih tua dari permainan Catur. Menurut sejarahnya, Igo berasal dari China, yang dikenal dengan sebutan Weiqi. Igo kemudian masuk ke Jepang dan mulai bekembang, di Jepang Igo di kenal dengan sebutan GO. Saat ini Igo berkembang di seluruh Dunia, dan sampai lah di Indonesia.

Di Indonesia, Igo masuk sudah lebih dari 10 tahun, namun populer di tahun 2002, TV7 dulunya ( Trans7 sekarang) menayangkan sebuah Anime yang Berjudul “Hikaru No GO”. Yang menceritakan seorang anak yang bernama Hikaru Shindo yang sebelumnya tidak mengerti apa – apa tentang Igo, menjadi jago setelah berkenalan dengan sesosok hantu penasaran yang kago bermain Igo bernama Sai. Penasaran, cari komiknya di Toko Buku atau di Penyewaan Komik atau cari Animenya.

Perlu anda ketahui, Igo ada pemain Profesional dan amatirnya juga. Untuk menjadi pemain Profesional harus terlebih dahulu mengikuti ujian ( di Jepang, Korea, China).

Igo merupakan permainan sederhana untuk ukuran peraturannya. Namun, yang membuatnya menjadi rumit adalah cara bermain atau teknik-teknik yang bisa dimainkan dalam igo.

Tidak seperti catur yang bidaknya masing-masing sudah memiliki fungsi dan langkah yang ditentukan, gerakan dari igo bisa mencapai ribuan variasi karena setiap bijinya tidak memiliki fungsi tertentu.

Untuk para mudaers, permainan ini juga membantu dalam mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara seimbang karena memerlukan strategi dan imajinasi dari para pemainnya.

Adapun kekurangannya, permainan ini sangat menyita waktu. Permainan igo sendiri terbagi atas beberapa tingkatan, baik amatir maupun profesional. Dalam permainan igo terdapat 35 tingkatan.

Untuk waktu permainannya, semakin tinggi level pemain, maka semakin lama pula waktu permainannya. Bayangkan saja, pada final permainan igo level advance, mereka membutuhkan waktu 2 hari untuk menyelesaikannya.

untuk tahu cara bermain Igo klik di sini kalau mau main online klik di sini kalau main online sebelumnya anda harus install java, untuk download silahkan ke sini selanjutnya anda tinggal daftar dengan mengikuti petunjuk (saya sendiri belum pernah coba) di game ini terdapat room yang bersedia mengajarkan Igo (cari sendiri yah) okelah kayanya dah cukup panjang nie posting dah cukup pegel juga gua ngetik (gak salah tuh gua kan copas)..

1 komentar:

Unknown 18 Maret 2016 pukul 11.09  

Saya pemain igo sudah beberapa tahun main, permainan catur Igo ini seru banget kalo sudah ngerti mainnya. Bagi yang tertarik dan mau bertanya seputar catur Igo boleh lewat facebook saya di fb.com/ayoigo Trims!

Posting Komentar

About Me

Gue Yara..
Alasan utama gue nge-blog cuma buat catat apa aja yang ada dipikiran gue..
Kenapa Gladiss Gazelle?
Kedua kata tersebut memiliki arti Mustahil dan Indah itu memotivasi gue untuk melakukan hal-hal yang katanya mustahil buat gue dan berakhir indah..
Gue baru buat beberapa perubahan di Blog gue..
Perubahannya adalah ini bukan sekedar blog dengan tulisan ilmu-ilmu yang baru gue dapet tapi juga perasaan gue..