Facebook Badge

Psycho Cybernetics

Tadi gua iseng googling dan gue tertarik banget ma topik ini.. bukuna dah gue baca sekitar 1/2 kali lah (gimana ceritanya setengah kali??).. nah buku yang gua punya tuh menyarankan untuk membacanya sekitar 8 kali.. nah ini dia sekilas tentang psycho cybernetics.. moga dari ringkasan nie kalian dah ngerti..

Psycho Cybernetics adalah

Tehnik self-improvment yang menurut saya sangat "simple" dan masuk akal yaitu menyamakan cara kerja otak kita dan perangkat pencapain keinginan yang dituju seperti cara kerja komputer. Komputer pada hakekatnya bisa dipakai untuk dua hal penting yaitu:
1. Mendapatkan jawaban dari persoalan yang ingin dipecahkan (contohnya: pencarian maupun perhitungan).
2. Mengarahkan kepada sasaran yang dituju dengan tepat (contohnya: peluru kendali, automatic landing system yang ada di pesawat terbang)
Tehnik ini mengajarkan bahwa kita sebagai manusia mempunyai komputer bahkan kebih canggih dari computer yang berada dalam otak kita maupun mekanisme lainnya dalam tubuh kita. Masalahnya kita tidak pernah tahu bagaimana cara menggunakan dengan tepat untuk mencapai tujuan atau goal dalam kehidupan kita.
Karena kita mempunyai prinsip kerja komputer, prinsip yang paling dasar pada komputer adalah garbage in dan garbage out. Ini berlaku juga pada diri kita, kalau kita selalu memasukkan data yang negatif kedalam diri kita yang keluar berupa kata-kata maupun tindakan yang kita lakukan pasti akan negatif yang menjauhkan kita dari apa yang kita inginkan oleh karena itu Tehnik ini mengajarkan jangan sekali-kali memasukkan data negatif kedalam otak kita maupun perasaan kita, akibatnya bisa ditebak sendiri perbuatan dan perilaku kita menjadi negatif.
Yang dimaksud dengan pikiran dan perasaan negatif adalah seperti: tidak bisa, tidak mungkin, sedih, rendah diri dll. Saatnya memasukkan data positif saja yang dimasukan dalam otak kita dan perasaan kita seperti: pasti bisa, semua masalah ada pemecahannya, saya sama saja dengan orang lain punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, bahagia, senang, dll.
Dengan latihan yang tidak begitu lama hasilnya sangat luar biasa bagaimana kita memandang dunia dengan kecerahan dan respon yang lebih positif dari lingkunagn kita terhadap kita karena kita menghilangkan semua hal yang sifatnya negatif. Jadi yang berubah harus kita dulu, kita tidak mungkin merubah respon lingkungan tanpa merubah diri terlebih dahulu.
Kemudian kita juga bisa menggunakan cara kerja komputer seperti peluru kendali untuk mencapai apa yang kita inginkan dengan mengunakan apa yang dinamakan "Mekanisme Sukses" dalam diri kita, karena kalau kita mengalami kegagalan yang terus menerus yang bekeja dalam diri kita adalah "Mekanisme Kegagalan".
Caranya seperti peluru kendali. Sebetulnya peluru tersebut sudah tahu sasaran tembaknya dengan jelas, mekanisme elektronika yang ada didalam peluru kendali hanya menggunakan feedback system (sistem umpan balik) yang berupa data dari sasaran yang dituju, sehingga mekanisme dalam peluru kendali bisa melakukan koreksi terus menerus sampai sasaran bisa terkena dengan tepat.
Begitu juga "mekanisme sukses" dalam diri manusia punya cara kerja persis dengan cara kerja peluru kendali dengan ketepatan dan kecepatan yang tidak kalah dengan peluru kendali. Yang dilakukann oleh kita pertama-tama hanya memperjelas sasaran apa yang kita inginkan dengan gambaran yang sejelas-jelasnya bahkan kalau bisa se-olah-olah kita sudah mendapakannya dan yang kedua keyakinan bahwa kita pasti bisa/sukses mendapatkannya. Karena bagimanapun juga kita tidak akan pernah mendapatkan sesuatu yang kita sendiri tidak yakin bisa mendapatkan.
Seperti mekanisme peluru kendali, sukses mekanisme dalam diri kita secara otomatis akan mengolah feedback (umpan balik) terhadap keinginan atau sasaran yang sudah digambarkan secara jelas dan melakukan koreksi terhadap tindakan-tindakan kita sehingga sasaran itu tercapai dengan waktu yang kita bisa terkejut dengan hasilnya karena dalam banyak hal kita terlalu under estimate kemampuan diri kita sendiri padahal kita punya mekanisme sukses yang bekeja otomatis untuk diri kita 24 jam sehari tanpa henti, bahkan pada saat kita tidur otak kita masih terus bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Gue Yara..
Alasan utama gue nge-blog cuma buat catat apa aja yang ada dipikiran gue..
Kenapa Gladiss Gazelle?
Kedua kata tersebut memiliki arti Mustahil dan Indah itu memotivasi gue untuk melakukan hal-hal yang katanya mustahil buat gue dan berakhir indah..
Gue baru buat beberapa perubahan di Blog gue..
Perubahannya adalah ini bukan sekedar blog dengan tulisan ilmu-ilmu yang baru gue dapet tapi juga perasaan gue..